Pages

Subscribe:

Kamis, 08 Maret 2012

PENGERTIAN ARSITEKTUR


PENGERTIAN ARSITEKTUR

A. Berdasar Ilmu Pengetahuan
 Arsitektur adalah karya manusia dan untuk kehidupan manusia pula (sumber: Yayasan Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan Arsitektur, Made AL, Ark. Djauhari S, Bandung, 1981)
 Arsitektur adalah mendirikan bangunan dilihat dari segi keindahan (sumber:Bouwkondige Encyclopedia)
o Arsitektur adalah suatu perpaduan praktek seni dengan rangka-rangka yang komplek dari faktor masyarakat, teknologi, iklim, dan ekonomi.(Ben Farmer, Comoditie)
 Arsitektur adalah seni mendesain bangunan yang baik, bangunan yang atraktif, terencana dengan baik, dan terbangun dengan baik, dan keduanya sesuai dan berarti untuk kalangan masyarakat.(Ben Farmer: Needs and Means)
 Arsitektur adalah :
o Seni dalam mendirikan bangunan, termasuk didalamnya segi perencanaan, konstruksi dan penyelesaian dekorasinya.
o Sifat / bentuk bangunan
o Proses membangun bangunan
o Bangunan
o Kumpulan bangunan
(sumber banhart c.l. dan jess stein)
 Arsitektur merupakan lingkungan buatan sebagai wahana ekspresikultural, untuk menata kehidupan jasmaniah, psikologis dan sosial manusia (sumber: Kerangka Kerja Makna didalam Arsitektur,R.Christian, J.Sinar Tanudjaya, Universitas Atmajaya, Yogyakarta, 1991)
 Arsitektur berarti menciptakan ruang dengan cara yang benar-benar direncanakan dan dipikirkan (sumber:Louis I. Khan, Ruang Dalam Arsitektur, Cornelis Van De Van, PT. Gramedia Utama , Jakarta, 1995)
 Arsitektur adalah ujud dan tatanan ruang yang dimaksudkan juga untuk membuat hidup lebih nyaman.(sumber: Sasmito, Juli. Intelligent Building System.1989)
 Arsitektur adalah :
o Suatu seni dan ilmu pengtahuan desain dan membangun struktur atau kelompok struktur yang besar, dalam hubungannya dengan estetika dan kriteria fungsional.
o Struktur yang dibangun dalam keserasian dengan beberapa prinsip.
(Cynton Haris, Dictionary Of Architecture and Construction, 1975)
 Arsitektur adalah suatu seni atau ilmu pengetahuan konstruksi dikhususkan bagi kepentingan manusia. Arsitektur adalah suatu keinginan dari suatu cerita yang diterjemahkan dalam ruang, tempat tinggal, perubahan, pembaharuan,..... Arsitektur adalah suatu politik seni yang mengkristalisasi kenyataan publik, nilai pergaulan sosial, dan tujuan budaya jangka panjang. (sumber: Jencks,Charles. Modern Movement in Architecture, Penguin Books, New York, 1997)
 Arsitektur adalah seni bangunan menurut ketentuan untuk perbandingan dan kepastian perayuran serta diatur oleh alam dan rasa.(sumber: Cewilt, Joseph.The Encyclopedia of Architecture.1982)
o Arsitektur secara umum terutama di Eropa merupakan bentuk geometri dan perhitungan (perhitungan konstruksi bangunan) yang menakjubkan.(Robert Lawlor).
o Arsitektur adalah sarana dan cara berekspresi yang fungsi utamanya adalah intervensi untuk kepentingan manusia tanpa menghilangkan identitasnya.(sumber: Kerangka Kerja Makna Didalam Arsitektur, R.Christian, J. Sinar Tanudjaya, Universitas Atmadjaya, Yogyakarta, 1991)
o Arsitektur adalah alat ungkap dari kehidupan masyarakat . (sumber: Budihardjo, Eko, Jati Diri Arsitektur Indonesia, Alumni ,Bandung, 1991. Cetakan ke-2)


B. Berdasar Aspek
 Arsitektur adalah bagian dari kegiatan manusia dalam menciptakan sesuatu untuk dirinya agar keluar dan menundukkan alam.(sumber: Maclaine Pont, Arsitektur Kolonial Belanda Di Indonesia, Yuliano Sumalyo, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 1995),(Maclaine Pont),(Samalyo, Yulianto..Arsitektur Kolonial Belanda di Indonesia.Yogyakarta: UGM Press.1995. Cetakan ke-2)
 Arsitektur adalah penataan beberapa masa dengan ulung, tepat dan baik srekali digabungkan bersama dalam cahaya mata kita yang diciptakan untuk melihat bentuk-bentuk dalam cahaya. (sumber: Samaly,Yulianto, Arsitektur Kolonial Belanda Di Indonesia, UGM Press, Yogyakarta, 1995. Cetakan ke-2)

 Arsitektur adalah ruang tempat hidup manusia dengan bahagia (sumber:pencerminan nilai budaya dalam arsitektur di indonesia van ramondhi penerbit djambatan 1982 jakarta)
o Arsitektur adalah jalan dan cara untuk mencapai terwujudnya hubungsn harmonis antara manusia pencipta dan manusia pemakai penciptaan tersbut.(sumber: Yayasan Lembaga Penyelidi o Menurut Nimpoeno, Arsitektur dari sudut pandang wawasanpembudayaan adalah proses estetika total, yaitu : dampak dari pengalaman budaya total terhidupan kehidupan organis, psikologis dan sosial.(sumber : Boedojo, Poedjo.Arsitektur, Manusia Dan Pengamatannya.Laporan Seminar Tata Lingkungan Mahasiswa Fakultas Teknik UI.Jakarta : Djambatan.1986. Cetakan ke-1)
o Arsitektur adalah metode dan gaya rancangan suatu konstruksi.(sumber: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.Cetakan ke-2)
o Menurut Van Ramondt : Arsitektur adalah ruang tempat hidup manusia dengan bahagia (definisi konsepsional). ( Maryono, Irawan dkk. Pencerminan Nilai Budaya dalam Arsitektur Di Indonesia.Laporan Seminar Tata Lingkungan Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik UI. Djambatan : 1985. Cetakan Ke-2)
o Arsitektur adalah seni guna sosial yang mencerminkan denyut nadi kehidupan dan kondisi sosial, ekonomi dan budaya masyarakat pada waktu dan tempat tertentu. (sumber : Budihardjo, Eko..Arsitektur dan Kota di Indonesia.1983)
o Arsitektur adalah kemampuan pemahaman seni, mengerti musik, filsafat, puisi , sastra juga kemampuan untuk merancang dan membangun yang berdasar atas fungsi bentuk dan konstruksi.(sumber:arsitektur.tripod.com)
o Arsitektur adalah suatu seni politik (sebagai perwujudan dari dunia publik, nilai-nilai sosial dan nilai-nilai yang dinikmati bersama), sehingga lebih banyak berkecimpung dengan makna-makna sosial, bila dibandingkan dengan seni-seni yang lain. Akibatnya, arsitektur menjadi bertanggung jawab pada komunitas atau masyarakat. (sumber: Laporan Seminar Tata Lingkungan Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik UI,Persepsi Bentuk dan Konsep Arsitektur. Jakarta:Djambatan.1986)
o Arsitektur adalah seni yang sangat sosial tersedia dengan banyak jaringan dan material, digunakan untuk industri, untuk metode kerja.......(Ir. Herman Thomas Karsten)
o Arsitektur bukan hanya suatu aktivitas atau suatu peristiwa atau suatu kumpulan dari peninggalan-peninggalan bersejarah.Arsitektur adalah dasar dari semua hubungan manusia yang muncul sejak awal masyarakat, yang mana tanpa itu tidak ada kemungkinan berkembangnya masyarakat atau budaya. Arsitektur tidak dapat dihindari dan selalu berkesinambungan.(Ben Farmer dan Hentie Louw, Comparison to Contemporary Architectural Though.1993)
o Arsitektur adalah tata-ruang-waktu dari lingkungan hidup manusia, baik individu, maupun masyarakat keseluruhan.(sumber: Cest,I,Ngoerah, Gote. Arsitektur tadisional Bali.1981)

o Arsitektur adalah bagian dari kesenian yang berpadu dengan sistem teknologi dan peralatan maupun sistem pengetahuan .(sumber : christian ,R sinar tanudjaya ,J. Kerangka kerja makna di dalam arsitektur .yogyakarta:universitas atmajaya.1991)
 Pada prinsipnya jelas bahwa Arsitektur terdiri dari unsur-unsur ruang, keindahan dan kebahagiaan. (sumber: Maryono, Irawan dkk,Pencerminan nilai budaya dalam Arsitektur Di Indonesia. Laporan Seminar Tata Lingkungan Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik UI, Djambatan, 1985. Cetakan ke-2)

 Material
o Arsitektur adalah bagian dari seni (seni bangunan) selain seni lukis dan seni pahat yang karyanya dapat dinikmati dengan melihat luar dan dalamnya. (sumber: Yayasan Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan Arsitektur, Made AL, Ark. Djauhari S, Bandung,1981),(Kamus Umum Bahasa Indonesia, WJS Poerwodarminto)
o Arsitektur adalah bangunan yang estetis, indah anggun dan menawan. (sumber: Budiharjo, Eko Ir.Percikan Masalah Arsitektur, Perumahan, Perkotaan.Yogyakarta : Gadjah Mada University.1987)
o Arsitektur adalah ujud dan tatanan ruang , waktu dari lingkungan hidup manusia, baik individu, maupun masyarakat keseluruhan. (sumber: Cest,I,Ngoerah, Gote.Arsitektur tradisional Bali.1981).
 Seni
o Arsitektur adalah seni sejak adanya manusia dan disebut seni terikat.(sumber: R.Sutrisno.Arsitektur Modern.Jakarta: PT.Gramedia.1983)
o Arsitektur adalah bagian dari kebudayaan (sumber: R.Christian, J.Sinar Tanudjaya.Kerangka Kerangka Makna didalam Arsitektur.Yogyakarta: Universitas Atmadjaya.1991)
o o Arsitektur, tidak seperti kebanyakan bentuk seni yang lain, suatu media dan gambar atau model hanya dapat mengklarifikasikan ruang alami.(sumber: Bark, Roek.The Temple of The Cathedral: The Search for Spirituality in Architecture,From The Renaissance at The Present Day)
o  Arsitektur adalah kemampuan pemahaman seni, mengerti musik, filsafat, puisi, sastra juga kemampuan untuk merancang dan membangun yang berdasar atas fungsi, bentuk dan konstruksi.(sumber:arsitektur.tripod.com)
 Aspek Sosial
o Arsitektur adalah pengejawantahan (manifestasi) dari kebudayaan manusia . (sumber: Ir. Hindro T. Soemardjan, Arsitektur dan Linghkungannya, Ir. Heinz Frick, Kanisius, 1988)
o Arsitektur adalah ekspresi dan wahana suatu kebudayaan dalam fikir alam, cita rasa dan ungkapan langsung paling jelas, bagaimana suatu masyarakatberfilsafat hidup dan menangani kehidupan.
( Mangunwijaya, YB.Arsitek dan Arsitektur Indonesia Menyongsong masa Depan)
di 08:49 Diposkan oleh solusi griya
http://thebatabatastudiodesain.blogspot.com/2009/07/pengertian-arsitektur.html

1 komentar:

Haris Syah mengatakan...

Terima kasih :)

Poskan Komentar